Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Praktikum IPA Daring: LKS Indikator Asam Basa dari Bahan Alami

Bagaimana praktikum yang merupakan aktifitas mengasah kemampuan keterampilan dapat dilakukan secara daring atau jarak jauh, tanpa adanya bimbingan? Bagaimana capaian pembelajaran (learning outcome) dapat dicapai dengan aktifitas yang tidak real khususnya tidak bisa diamati oleh pembimbing atau gurunya? Bagaimana mungkin, pengetahuan dan attitude bekerja dapat terbangun tanpa adanya interaksi  secara langsung antara guru/dosen dan peserta didik?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah pasti muncul di benak hampir semua orang saat mendengar Praktikum secara Daring – sebuah terminologi yang tidak pernah terbayangkan sebelum adanya kejadian luar biasa pandemic Covid-19 ini.

Namun faktanya, kita semua memang dipaksa untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang serba tiba-tiba, dari mulai aktivitas ringan sehari-hari seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan melakukan sosial distancing, hingga pada level kebijakan strategis lainnya, termasuk di dalamnya mengubah metode pembelajaran di seluruh level  sektor pendidikan.

Diantara kebijakan yang paling mendasar adalah dengan mengubah metode pembelajaran tatap muka (luring) menjadi pembelajaran jarak jauh (contohnya: metode daring).

Meski sarat dengan berbagai kekurangan, namun perubahan tiba-tiba ini telah secara tidak langsung memaksa kita berprogres lebih cepat dalam membangun kemampuan memanfaatkan teknologi informasi, dengan kata lain, mengakselerasi penerapan teknologi 4.0 dalam aktifitas dunia pendidikan.

Berikut adalah salah satu contoh praktikum mapel IPA, khususnya Kimia yang bisa dilakukan di lingkungan masing-masing tanpa harus pergi ke Laboratorium. Dan ini saya yakin semua peserta didik mampu melaksanakan praktikum ini.

indikator alami asam basa

Judul Praktikum:
Indikator Asam Basa dari Bahan Alami

Post a Comment for "Praktikum IPA Daring: LKS Indikator Asam Basa dari Bahan Alami"