Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahu tidak? Inilah Zat yang Terkandung Pada Vape

Rokok elektrik atau dikenal dengan vape adalah penghantar nikotin yang menggunakan rancangan elektronik dan listrik. Pembuatan vape ini bertujuan untuk membantu para pecandu rokok tembakau untuk lambat laun menghentikan kebiasaan tersebut dengan beralih ke rokok elektrik atau vape.
 
Vape tidak memproduksi asap saat dihirup oleh penggunanya, tapi hasil pembakaran dari elemen panas akan memunculkan uap air yang jika sekilas dilihat tidak berbeda dengan asap rokok tembakau.
 
Barangkali, inilah mungkin yang membuat rokok elektrik atau vape dirasa lebih ringan bahayanya jika dibandingkan dengan rokok konvensional meski sama-sama mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.
vape/rokok elektrik
Orang yang menggunakan dan atau menghirup uapnya pasti juga menyadari bahwa aromanya unik. Bahkan, tak jarang asap dari rokok elektrik tersebut berbau seperti aroma buah-buahan, wangi parfum atau lsinnys sehingga tidak terlalu mengganggu tempat umum seperti asap rokok pada umumnya.

Cartridge atau tabung liquid vape dapat diisi dengan penambah varian rasa, yang tentunya mengandung nikotin dan gliserin atau ropilen glikol.

Baterai serta cartridge di hampir semua vape dapat diisi ulang maupun diganti sehingga penggunanya bisa memasang penambah rasa yang baru dan tengunya berbeda-beda sesuai aroma yang disukai.

Berikut adalah zat-zat yang terkandung dalam rokok elektrik atau vape.

vape/rokok elektrik

Propilen Glikol

Untuk gliserin atau propilen glikol, fungsinya adalah untuk menghasilkan uap air yang menyerupai asap. Efek dari terlalu menghirup gliserin ini adalah, menurut beberapa penelitian, dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan. Beberapa individu pun memiliki daya tahan yang berbeda terhadap potensi iritasi dari propilen glikol ini.

Nikotin

Nikotin sudah banyak diketahui memiliki efek adiktif bagi penggunanya. Kandungan nikotin dalam rokok elektrik juga tidak sama. Namun, yang pasti, kandungan nikotin berada dalam kisaran 0 sampai 100 mg dalam satu produk vape.

Penambah Rasa

Kandungan yang ketiga, memiliki peran sebagai pemberi sensasi rasa saat pengguna vape menghisap uap air. Biasanya, rasa yang ditawarkan adalah coklat dan buah-buahan. Tentunya, penambah rasa inilah yang membuat vape banyak digandrungi oleh kawula muda masa kini.

Tobacco-Specific Nitrosamine (TSNA) 

Selain ketiga kandungan tersebut, vape juga mengandung komponen TSNA. TSNA adalah senyawa yang dapat menyebabkan kanker atau karsinogen yang biasa ditemukan pada produk rokok tembakau. Meski tak terlalu banyak, liquid vape pasti memiliki nitrosamine ini, dan semakin besar kandungan nikotin, semakin tinggi pula kadar TSNAnya.

Post a Comment for "Tahu tidak? Inilah Zat yang Terkandung Pada Vape"