Ciri-ciri Khusus (Khas) Hewan Cecak

AdChoices
AdChoices
Cecak adalah hewan reptilia yang biasa merayap di dinding atau pohon. Cecak berwarna abu-abu, tetapi ada pula yang berwarna coklat kehitaman. Cecak biasanya berukuran kurang lebih 10 cm. Cecak bersama dengan tokek dan sebangsanya tergolong ke dalam suku Gekkonidae.

Cecak termasuk hewan melata. Cecak dapat merayap di dinding tanpa terpeleset. Hal ini karena cecak memiliki beberapa ciri khusus (khas).

Nah, apa ciri khusus (khas) pada hewan cecak?

Berikut ini beberapa ciri-ciri khusus (khas) hewan cecak:

a. Memiliki telapak kaki dengan sistem perekat
Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. Dengan alur yang dimiliki, memungkinkan cecak dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset.
b. Memiliki kemampuan memutuskan ekornya
Hal ini dilakukan cecak untuk melindungi diri dari musuhnya. Cecak akan memutuskan ekor, kemudian ekor tersebut akan bergerak-gerak untuk mengalihkan perhatian musuh. Sementara itu, cecak dengan ekor yang putus akan leluasa untuk meloloskan diri.

c. Memiliki bentuk lidah yang panjang dan lengket
Bentuk lidah panjang dna lengket ini digunakan untuk memperoleh makanannya, menangkap mangsa berupa serangga yang terbang. Cecak biasa memakan serangga, terutama nyamuk.

Biasanya cecak hidup di dinding-dinding dan di atap rumah. Di alam cecak biasanya hidup pada tempat-tempat teduh seperti diatas pohon dan batang pohon.

Berikut ini empat jenis hewan cecak, yaitu:

1. Cecak tembok (Cosymbotus platyurus)
Cecak yang kerap ditemui di tembok-tembok rumah dan sela-sela atap. Cecak ini bertubuh pipih lebar, berekor lebar dengan jumbai-jumbai halus di tepinya. Bila diamati di tangan, dari sisi bawah akan terlihat adanya lipatan kulit agak lebar di sisi perut dan di belakang kaki.

2. Cecak kayu (Hemidactylus frenatus)
Cecak yang bertubuh lebih kurus. Ekornya bulat, dengan enam deret tonjolan kulit serupa duri, yang memanjang dari pangkal ke ujung ekor. Cecak kayu lebih menyukai tinggal di pohon-pohon di halaman rumah, atau di bagian rumah yang berkayu seperti di atap. Terkadang didapati bersama cecak tembok di dinding luar rumah dekat lampu, namun umumnya kalah bersaing dalam memperoleh makanan.

3. Cecak gula (Gehyra mutilata)
Cecak yang memiliki tubuh lebih kecil, dengan kepala membulat dan warna kulit transparan serupa daging. Cecak ini kerap ditemui di sekitar dapur, kamar mandi dan lemari makan, mencari butir-butir nasi atau gula yang menjadi kesukaannya. Sering pula ditemukan tenggelam di gelas kopi kita.

4. Cecak batu (Cyrtodactylus marmoratus)
Cecak yang hidup di menempel di batu dan atau sekitar batu. Tidak ada nama khusus yang dikenal dalam bahasa daerah. Dalam bahasa Inggris cecak ini disebut dengan sebagai Javan bent-toed gecko.
AdChoices