Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Cabang, Karakteristik dan Manfaat Ilmu Biologi Adalah

Pengertian, Cabang, Karakteristik dan Manfaat Ilmu Biologi Adalah

A. Defini Ilmu Biologi

Biologi adalah ilmu pengetahuan alam yang isinya tentang kehidupan di dunia dari segala aspek, baik itu tentang makhluk hidup, lingkungan, maupun interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Oleh karena itu, tidak jarang ditemukan berbagai hal luar biasa yang disebut keajaiban saat mempelajari ilmu ini.

Pembelajaran dari ilmu biologi yang diterapkan di dunia saat ini merupakan hasil penelitian dari para ilmuwan terdahulu, dan hasil ini dapat dibuktikan serta tidak melenceng dari faktanya.
 
Saat ini perkembangan biologi yang didukung oleh kemajuan teknologi telah melahirkan banyak cabang ilmu pengetahuan lainnya.

Perkembangan ilmu biologi dari masa ke masa semakin luas, namun itu tidak terlepas dari pengaruh ilmu lainnya. Mengapa? Karena ilmu biologi juga berkaitan dengan ilmu lain, seperti fisika, kimia, dan lainnya.
 
Nah perpaduan ini merupakan salah satu aspek yang memicu lahirnya cabang ilmu baru, karena lahirnya penelitian-penelitian yang baru.
biologi

B. Karakteristik Ilmu Biologi

Kata Biologi berasal dari bahasa yunani, yaitu 'bio' yang berarti hidup dan 'logos' yang berarti ilmu pengetahuan.
 
Sehingga kita dapat mengartikan bahwa biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengkaji tentang kehidupan. Objek kajian biologi berupa benda-benda yang dapat ditangkap oleh alat indra manusia dan oleh alat bantu (contohnya mikroskop).

C. Keterkaitan Ilmu Biologi dengan Ilmu Lain

Seperti dalam penjelasan di atas, biologi bukanlah ilmu yang berdiri sendiri, karena biologi juga merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
 
Layaknya manusia yang saling membantu agar tetap hidup, ilmu biologi dan ilmu lainnya dapat saling menolong agar menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan.

Bukti nyata dari hal ini adalah mikroskop yang menjadi jiwa dari biologi ditemukan berdasarkan prinsip fisika(cabang ilmu biologi lainnya). Nah, oleh karena itu kita tidak dapat menolak lagi bahwa biologi bukanlah ilmu yang dapat berdiri sendiri.

D. Cabang Ilmu Biologi

Pernyataan pada pendahuluan tadi akan di buktikan pada poin ini. Biologi yang berkembang sesuai ilmu teknologi, menghasilkan ribuan penumuan dalam proses penelitiannya.
 
Dengan bantuan teknologi ruang lingkup biologi menjadi semakin luas dan melahirkan banyak cabang untuk memudahkan kita membedakan objek kajian biologi.

Beberapa cabang biologi tersebut adalah:

Morfologi: Bentuk luar tubuh makhluk hidup
Anatomi: Bagian dalam tubuh makhluk hidup
Histologi: Jaringan
Genetika: Pewarisan Sifat
Organologi: Organ
Sitologi: Sel
Embriologi: Embrio
Botani: Tumbuhan
Zoologi: Hewan
Bakteriologi: Bakteri
Mikologi: Jamur
Dan masih banyak lagi cabang ilmu biologi yang lain.

E. Manfaat dan Kerugian Yang Timbul

Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan teknologi jika dipadukan dengan ilmu biologi akan memberikan sangat banyak manfaat bagi kehidupan manusia.
 
Jika demikian kenapa masih banyak kerugian dari kemajuan bioteknologi ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari simak penjelasan di bawah ini.

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, oleh karena itu tindakan yang dilakukan juga berbeda pula.
 
Ada manusia yang bertindak dan menghasilkan manfaat, namun ada pula manusia yang bertindak hanya untuk kepentingan dirinya sendiri saja, tanpa memikirkan dampaknya terhadap makhluk hidup lainnya.
 
Hal ini didorong karena adanya sifat keserakahan. Pada intinya sifat manusia dapat berpengaruh pada kelestarian alam, jadi dapat disimpulkan bahwa:
“Ilmu biologi akan bermanfaat atau malah menjadi bahaya itu tergantung kepada pribadi yang menggunakannya.”