Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Hewan Mamalia, Lihat Contohnya, Ada Paus dan Lumba-lumba!

Ciri-ciri Hewan Mamalia, Lihat Contohnya, Ada Paus dan Lumba-lumba!

Definisi Hewan Mamalia

Mamalia adalah hewan yang memiliki kelenjar mamae- atau biasa juga disebut dengan hewan menyusui. Mamalia terdiri lebih dari 5.000 genus, yang tersebar dalam 425 keluarga dan hingga 46 ordo, meskipun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai.
 
Secara filogenetik, yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna) dan mamalia therian (berplasenta dan berkantung atau marsupial).

Sebagian besar mamalia melahirkan keturunannya, tapi ada beberapa mamalia yang tergolong ke dalam monotremata yang bertelur. Kelahiran juga terjadi pada banyak spesies non-mamalia, seperti pada ikan guppy dan hiu martil; karenanya melahirkan bukan dianggap sebagai ciri khusus mamalia. Demikian juga dengan sifat endotermik yang juga dimiliki oleh burung.

Mamalia memiiki 3 tulang pendengaran dalam setiap telinga dan 1 tulang (dentari) di setiap sisi rahang bawah. Vertebrata lain yang memiliki telinga hanya memiliki 1 tulang pendengaran (yaitu, stapes) dalam setiap telinga dan paling tidak 3 tulang lain di setiap sisi rahang.
 
Mamalia memliki integumen yang terdiri dari 3 lapisan: paling luar adalah epidermis, yang tengah adalah dermis, dan paling dalam adalah hipodermis. Epidermis biasanya terdiri atas 30 lapis sel yang berfungsi menjadi lapisan tahan air.

Sel-sel terluar dari lapisan epidermis ini sering terkelupas; epidermis bagian paling dalam sering membelah dan sel anakannya terdorong ke atas (ke arah luar).
 
Bagian tengah, dermis, memiliki ketebalan 15-40 kali dibanding epidermis. Dermis terdiri dari berbagai komponen seperti pembuluh darah dan kelenjar. Hipodermis tersusun atas jaringan adiposa dan berfungsi untuk menyimpan lemak, penahan benturan, dan insulasi. Ketebalan lapisan ini bervariasi pada setiap spesies.
hewan mamalia

Ciri-ciri Hewan Mamalia

1. Mempunyai kelenjar susu
2. Mempunyai rambut
3. Otot diafragma
4. Jantung beruang 4, bersekat sempurna
5. Sistem syaraf sudah berkembang sangat kompleks
6. Umumnya hidup di daratan, tetapi ada pula yang hidup di air seperti paus, lumba-lumba ada yang bisa terbang
7. Pada kulit terdapat kelenjar keringat dan kelenjar minyak
8. Fertilisasi internal
9. Bernafas dengan paru-paru
10. Secara Evolusi mamalia diyakini berasal dari Reptil, namun tidak ada bukti otentik dari bentuk peralihan
11. Zaman Triasic 220 juta tahun yl
12. Morganucodon (15 cm, 50 g)

Contoh Hewan Mamalia

Dibawah ini merupakan beberapa contoh hewan mamalia:
- Harimau
- Kucing
- Anjing
- Orang utan
- Kera Ekor Panjang
- Beruk
- Kanguru
- Tikus
- Singa Laut
- Lumba-lumba
- Paus