Jenis-jenis Ikan Hias Arwana dan Asal Muasalnya

AdChoices
Banyak orang yang percaya jika memelihara ikan arwana sebagai ikan hias di rumah maka akan mendatangkan banyak keberuntungan bagi pemiliknya, tapi hal itu tergantung kepercayaan masing-masing saja. Tidak heran jika satu ekor arwana bisa dihargai sampai puluhan jutaan rupiah.

Berikut adalah macam-macam Ikan Arwana sebagai Ikan Hias:

1. Red Tail Golden Arwana

jenis arwana red tail golden

Arwana jenis ini berasal dari Indonesia, Sumatera di wilayah Pekan Baru. Red Tail Golden Arwana, memiliki warna yang beragam seperti, golden, blue, dan green.



2. Super Red Arwana

jenis ikan super red arwana

Masih berasal dari Indonesia, ikan ini di ketahui berada di kepulauan Kalimantan, sungai Kapuas dan danau Sentarum. Super Red Arwana diketahui memiliki beberapa variasi warna yaitu, merah-orange, merah-darah, dan merah-cabe.



3. Cross Back Golden Arwana

jenis ikan cross back golden arwana

Cross Back / X Back Golden asalnya dari Malaysia, penyebaranya di sekitar Johor, Perak, Trengganu dan Bukit Merah. Di sebut Cross Back karena sisiknya yang berwarna hitam melingkar sampai melewati pada bagian punggung ikan.



4. Green Arwana

jenis ikan green arwana pino

Green Arwana atau biasa di sebut Arwana Pino bagi para hobbies ini, mempunyai warna dasar hijau. Penyebaran ikan ini bisa di jumpai di Kamboja, Malaysia, Indonesia, Myanmar dan Thailand.



5. Silver Arwana

jenis ikan Silver Arwana

Bentuk tubuh dan siripnya yang panjang, membuat Arwana jenis ini berbeda dengan yang lainya. Panjang tubuh Silver Arwana bisa mencapai antara 50-60cm. Dan ikan ini berasal dari Amerika selatan.



6. Jardini Arwana
jenis ikan jardini arwana
Ikan Arwana Jardini, asalnya dari Australia. Namun belakangan penyebaranya juga sampai di wilayah Irian. Ikan ini memiliki 2 jenis warna, yang pertama adalah jenis Scleropqges Leichharti yang punya warna agak terang. Dan kedua adalah jenis Scleropqges Jardini yang warna tubuhnya lebih gelap.





7. African Arwana

jenis ikan african arwana

Dari namanya sudah bisa di tebak dari mana asalnya. Kepala African Arwana, berbentuk bulat dengan tubuh melonjong berwarna perak.



8. Black Arwana

jenis ikan black arwana
Masih bersaudara dengan Silver Arwana, ikan ini mempunyai warna silver yg menyeluruh kecuali pada bagian ekornya yang memiliki warna hitam. Jika ikan ini sudah mencapai dewasa, lambat laun warna hitam pada ekornya akan memudar.
AdChoices